Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Sinkronisasi Komputer Dengan Google Drive Untuk BackUp Data

Cara Sinkronisasi Komputer Dengan Google Drive

Cara Sinkronisasi Komputer Dengan Google Drive - Melakukan sinkronikasi komputer sangat perlu dilakukan untuk back up data, agar suatu saat ketika komputer mengalami error kita tidak perlu khawatir karena sudah di-back-up sebelumnya.

Sekarang ini ada begitu banyak alat-alat yang kita gunakan untuk menyimpan data-data kita seperti Komputer/Laptop, Handphone, Flashdisk, Harddisk, SSD, dan berbagai jenis penyimpanan lainnya.

Namun, tidak semua data-data yang kita back-up tadi dialat-alat penyimpanan data yang saya sebutkan diatas dapat menjamin file data-data kamu itu aman, itu karena alat peenyimpanan tersebut beresiko rusak.

Oleh karena itu, sekarang ini telah ada penyimpanan online yang dapat kita gunakan atau biasa disebut Cloud Online seperti Google Drive, One Drive, Degoo, pCloud, dan lainnya sebagai alternatif penyimpanan data.

Sebelumnya, membahas mengenai Sinkronisasi dan Back-Up, apakah teman-teman sudah tau apa arti kedua istilah tersebut ? Jika belum yuk mari kita bahas sedikit mengenai istilah tersebut agar menambah wawasan kamu.

Apa itu Sinkronisasi ?

Sinkronisasi merupakan istilah yang sering disebut dalam bidang teknologi informasi. Kata Sinkronisasi sering kamu temukan di aplikasi ponsel, sosial media, emai, komputer dan sebagainya.

Sinkronisasi adalah proses pengaturan jalannya beberapa proses pada saat yang bersamaan. Saat menjalankan banyak proses bersamaan, sinkronisasi proses membantu menjaga konsistensi data bersama dan eksekusi proses yang bekerja sama.

Dalam teknologi, sinkron digunakan untuk menyelaraskan data, file, atau perintah. Saat kamu menyinkronkan file misalnya, kamu memberi tahu teknologi yang digunakan untuk memperbarui dengan cara yang sama di dua atau lebih perangkat. 

Itu berarti kamu tidak perlu lagi khawatir meninggalkan file berharga di komputer atau membawa dokumen di USB.

Apa Itu Back-Up Data

Data backup dan recovery merupakan proses untuk membuat salinan data sebagai upaya mencegah kehilangan dan menyiapkan sistem yang aman sehingga nantinya data bisa kembali dipulihkan. 

Data backup memerlukan copy dan pengarsipan data komputer agar dapat diakses jika terjadi kerusakan atau data dihapus. 

Tujuan Melakukan Back-up Data

Pada dasarnya back-up memiliki tujuan yang sangat penting yang harus kamu ketahui selain untuk menyimpan data saja. Ada dua hal penting yang perlu kamu ketahui, yaitu sebagai berikut.
  1. Mengembalikan data apabila data tersebut hilang.
  2. Mengembalikan data ke titik tertentu pada masa lalu.
    Sebagai contoh, ketika kamu meng-update sistem operasi kamu dan kamu merasa kurang nyaman dengan versi terbarunya. Maka kamu dapat menggunakan data yang sudah diback-up tadi dan kembali ke versi sebelumnya.

Rekomendasi Cloud Online untuk Back Up Data

Untuk melakukan back-up data sebenarnya dapat kita lakukan hanya dengan menggunakan alat alat seperti komputer, laptop, handphone, harddisk, flashdisk, SSD, dan sebagainya.

Namun, apabila alat penyimpanan data tersebut rusak, tentunya kita harus punya Alternatif untuk meng-backup data kita tersebut ketempat yang lebih mudah diakses.

Nah, untuk itu disini saya akan merekomendasikan Google Drive sebagai Tempat Sinkronisasi Komputer Dengan Google Drive sebagai media penyimpanan data secara online.

Cara Sinkronisasi Penyimpanan Komputer Dan Laptop Ke Google Drive

Cara Sinkronisasi Komputer Dengan Google Drive
Source Image by : Itechtics

Agar tidak terjadi kesalahan ketika melakukan proses sinkronisasi penyimpanan komputer ke google drive, silahkan ikuti tutorial dibawah ini.
  1. Download terlebih dahulu Google Drive untuk Komputer terlebih dahulu 
    Google Drive For PC
  2. Tunggu proses download hingga selesai dan install Google Drive tersebut, proses instalasi memakan beberapa menit waktu.
  3. Jika proses instalasi sudah selesai maka akan muncul Installation Complete kemudian klik tombol close dan klik tombol Get Started.
  4. Lalu, kamu akan diminta untuk login menggunakan gmail, sialhkan login terlebih dahulu.
  5. Kemudian akan muncul tampilan ‘Choose folders from your computer to continuously back up to Google Drive’. Pilih Got It.
  6. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memilih folder yang ingin diback-up. Silahkan pilih foldernya dan klik tombol Next.
  7. Pada bagian selanjutnya kamu bisa memilih apakah kamu akan mensinkronkan atau mendownload semua file yang ada di Google Drive ke dalam komputer kamu atau tidak. Jika tidak cukup hilangkan saja centang biru yang ada. Jika sudah, klik tombol START.
  8. Jika sudah, perhatikan pada bagian bar monitor kamu, akan tampil icon cloud  dan tunggu prosesnya hingga selesai.
Jika proses back-up telah selesai, kamu dapat melihat file yang telah kamu back-up di google drive didalam direktori Komputer My Komputer disitu kamu akan melihat file hasil back-up an kamu.

Dan perlu kamu ketahui semua file yang ada didalam folder yang kamu pilih akan otomatis tersinkron ke Google Drive kamu, baik itu yang baru saja kamu pindahkan ataupun baru saja kamu buat.

Dan perlu kamu ketahui, biasanya Google Drive memiliki batas penyimpanan data yaitu sebanyak 15GB/Akun. Jika ingin mendapatkan storage lebih sebaiknya upgrade akun mu kamu ke premium user atau gunakan jasa Google Drive Unlimited Storage.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan saya mengenai Apa itu Sinkronisasi dan Backup dan bagaimana Cara Sinkronisasi Komputer dengan Google Drive untuk back up data. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat kepada teman-teman.

Apabila ada yang kurang jelas teman-teman dapat berkomentar agar admin dapat membantu kamu mengatasi masalah tersebut.

Dan terimakasih telah berkunjung kehalaman Anirocksite.com
Editorial Online
Editorial Online Hello... I'm Rahman
Say hi or contact me at : Instagram

Post a Comment for "Cara Sinkronisasi Komputer Dengan Google Drive Untuk BackUp Data"