×

Owner / Author / Admin / etc

    Rahman NM    

"Pada halaman web ini saya akan membagikan informasi informasi menarik seputar Anime, Manga, Game, Film, dan juga berbagai tips-tips menarik lainnya."

Melindungi CSS Blog Dengan Obfuscator

December 18, 2019   • Comment

CSS merupakan singkatan dari Cascading Style Sheet, bagi kalian yang sudah mengenal bahasa pemrograman tentunya tidak asing lagi dengan CSS. CSS Merupakan salah satu yang harus dikuasai untuk menjadi seorang Web Development, dan CSS berguna untuk bagaimana Elemen HTML ditampilkan. Karna pembahasan kali ini mengenai bagaimana cara mengamankan/melindunggi CSS jadi hal lain kita kesampingkan terlebih dahulu.

Kamu mungkin kesal karena banyak sekali para clonner yang menggunakan kode CSS kamu untuk memperindah website mereka, padahal mereka bukanlah yg membuat sumber kode tersebut dan yang lebih parahnya lagi mereka mengaku ngaku sebagai pembuat kode css tersebut.

Terus bagaimana cara developer melindungi Kode CSS mereka dari para clonner ? masih ada cara untuk melindungi kode CSS tersebut yaitu menggunakan Obfuscated. Apa itu Obfuscated ? Obfuscated merupakan sebuah website yang berguna untuk melindungi sebuah kode dari para clonner. Atau bisa dibilang obfuscated dapat menyamarkan/membuat kode menjadi lebih susah dibaca oleh orang lain. Namun obfuscated ini agak sedikit berbeda dengan sistem enkripsi Javascript, yang mana obfuscated css ini akan membuat kode css kamu lebih susah dibaca namun tetap dapat berjalan dibrowser.

Jika ada penjelasan yang kurang dapat kamu mengerti atau ada yang salah dari penjelasan saya diatas kamu dapat berkomentar setelah membaca ini, dan gak perlu lama lama langsung saja kita ke Inti dari artikel ini.

Melindungi CSS Blog Dengan Obfuscator
Sebelum menerapkan cara ini langsung ke kode css asli blog kamu, sebaiknya gunakan saja terlebih dahulu kode css asal asalan, agar kalian dapat melihat perbedaannya. Berikut caranya :
  1. Pertama buka dulu browser kamu dan buka website obfuscatornya,
    http://www.cssobfuscator.com/
  2. Setelah masuk kehalaman web tersebut, silahkan scroll sedikit kebawah, nanti kalian menemukan sebuah kotak yang berguna untuk meletakkan kode CSS,
  3. Pada kotak berlatar putih tersebut kalian masukkan kode CSS yang akan kamu enkrip, kamu dapat menulis kode css secara manual atau dapat mengupload kode CSS yang berbentuk "file", dan pastikan kode css kalian tersebut sudah tersusun dengan benar tanpa ada kekurangan, misalkan tanda { },
  4. Setelah Mengupload atau menulis kode css kalian di kotak tersebut tekan tombol "obfuscate", dan tunggu beberapa saat hingga kode yang akan kalian eknrip selesai, 
  5. Jika kode CSS  sudah tampil seperti punya saya diatas, berarti kode kalian berhasil dienkrip, dan selanjutnya tinggal menerapkannya diblog kamu.
Jika kalian bertanya apa bedanya sebelum dan sesudah menggunakan tool enkrip obfuscated, coba lihat lebih teliti kode css pada gambar diatas, sungguh berbeda bukan dengan kode css pada umumnya ? Jika masih belum mengerti bagaimana perbedaannya, simak lagi sampai selesai :D

Kode CSS sebelum menggunakan Tool Enkrip dari Obfuscated
.anirock-nav {
  height: 100%;
  width: 200px;
  position: fixed;
  z-index: 1;
  overflow-x: hidden;
}
.anirock-nav a {
  color: white;
  padding: 16px;
  text-decoration: none;
  display: block;
}
Hasil kode CSS sesudah menggunakan Tool Enkrip dari Obfuscated
[class~=anirock-nav]{height:100%;}[class~=anirock-nav]{width:12.5pc;}.anirock-nav a{color:white;}.anirock-nav a{padding-left:12pt;}[class~=anirock-nav]{position:fixed;}[class~=anirock-nav]{z-index:1;}.anirock-nav a{padding-bottom:12pt;}.anirock-nav a{padding-right:12pt;}.anirock-nav a{padding-top:12pt;}.anirock-nav a{text-decoration:none;}.anirock-nav a{display:block;}[class~=anirock-nav]{overflow-x:hidden;}
Disitu kamu dapat melihat dengan jelas apa perbedaan sebelum dan setelah menggunakan tool enkrip dari Obfuscated, struktur kode cssnya jauh lebih susah dibaca ketimbang kode sebelum di enkrip menggunakan tool obfuscated.

Sekian tutorial singkat yang dapat saya bagikan, semoga dengan saya membagikan artikel ini dapat membantu teman teman yang kesusahan melindungi kode css mereka dari para clonner.

Creativity of codes and exploiting, with code we can do something fun.
Facebook Instagram Twitter
Show Comments!
Hide comments

0 Response to "Melindungi CSS Blog Dengan Obfuscator"

Kebijakan berkomentar :

Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik, agar orang tau sebijak apa karakter anda melalui kata-kata,

Silahkan berkomentar apapun selagi masih berhubungan dengan halaman postingan ini,

Dilarang berkomentar menggunakan Link Aktif,

Centang Notife Me agar mendapatkan notifikasi balasan komentar admin melalui Email.

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © 2017 - 2020 Anirock Site - All Rights Reserved Created With